Popular Post
Loading...
Kamis, 23 Mei 2013

Gerakan Oposan Masa Bodoh - "Step To Help Planet"

10.34

Tumbuh-tumbuhan berkata. “Kala moral seorang manusia lebih rendah dibandingkan hewan. Maka, merekalah penghancur kehidupan bumi kita sebenarnya.”

Dukungan masyarakat aware terhadap lingkungan telah bermunculan di setiap penjuru kota, berlomba melakukan gerakan pencinta alam; kegiatan-kegiatan menanam pohon, beralih moda transportasi sepeda dan lain sebagainya. Namun dewasa ini, masih ada cerminan bentuk “Masa Bodoh” dalam setiap jiwa muda dan pikiran tua.

Apakah ada yang berpikir ingin mencoba melakukan sesuatu? Wah, selamat! Mau dimulai dari mana? Apakah cukup menyerukan kata Go Green? Atau malah menasehati anak Sekolah Dasar (SD) dengan kalimat, Save Our Earth!

Gerakan Level Dasar “Anak SD pun bisa melakukannya”

Kita sebagai manusia, sudah memiliki kewajiban untuk menjaga lingkungan, mau tidak mau. Kita merasakan dampak dari perbuatan yang telah dilakukan orang-orang di sekitar kita. Apakah dampak itu menjadi positif atau malah menjadi negatif. Untuk itu, mulailah dari hal-hal kecil.

Bukankah dalam agama sudah diajarkan untuk berhemat? Termasuk melakukan penghematan air sebab ketersediaan air di bumi kita ini terbatas. Dalam sebuah ilustrasi, saat menjelang kegiatan gosok gigi, siapkan segelas air kumur agar kita semua membatasi pemakaian air.

Meninggalkan rumah dalam keadaan listrik padam. Ya, jangan lupa mematikan seluruh elektronik atau kabel yang tersambung ke listrik. Mulai dari lampu, TV, kulkas, AC, dan lain-lain. Di malam hari, gunakan listrik seperlunya saja.

Membawa perlengkapan bekal. Jangan sampai membeli di luar sana yang terbungkus oleh plastik. Plastik diketahui tidak akan ramah lingkungan bila berceceran di mana-mana.


Di saat menggunakan kertas. Sebaiknya kita memanfaatkan sisi kertas yang masih kosong, jangan menyia-nyiakannya. Kertas yang lusuh sekalipun bisa jadi masih layak dipakai.

Pada level dasar ini, sebetulnya kita belum perlu menanam pohon seperti yang diserukan selama ini. Lebih baik, pertama-tama kita menanam bunga saja. Hal ini juga akan menjadi kesenangan atau hobi. Selain itu, kita akan memiliki energi positif oleh keteduhan taman.

Dengan mengadopsi gaya hidup ramah lingkungan di atas, semoga kita lebih khawatir dalam menggunakan energi, baik listrik, air ataupun material lainnya. Sumber daya alam memiliki proses pembaharuan yang tidak secepat pertumbuhan manusia.


Gerakan Level Menengah Pertama “Belajar terbiasa”

Bumi ini adalah satu-satunya planet layak huni yang selanjutnya diwarisi kepada anak cucu kita. Apa saja yang dapat kita lakukan untuk merawat bumi pada level ini? Naning Adiwoso, Ketua Green Building Council Indonesia (CBCI) mengatakan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Gunakan produk lokal, Relevansi dari kalimat mungkin tidak ada sangkut-paut dengan keselamatan bumi, namun secara tidak langsung, kita menggunakan produk lokal dan mengurangi pemasokan produk dari luar negeri, maka hal tersebut akan mengurangi jumlah sampah yang menumpuk di tempat pembuangan akhir.

Memilah sampah rumah tangga, organik dan anorganik. Kegiatan ini gencar dilakukan oleh masyarakat luar negeri. Dinas kebersihan sebelumnya telah menegaskan untuk memilah sampah basah dan sampah kering. Maka dari itu, cobalah membuang sampah pada tempatnya. Bukan hanya membuang pada tempat biasa, namun di tempat sampah yang sesuai jenisnya.


Cek emisi kendaraan secara berkala. Bagi yang sangat bergantung dengan kendaraan pribadi. Mengontrol pemeliharaan kendaraan secara berkala itu sangat penting. Coba sesekali, sebagian kita menguji mesin kendaraan.

Hemat biaya bahan bakar. Salah satunya dengan mengurangi level suhu pendingin mobil 1 derajat. Kini kita telah menghemat bahan bakar 10%. Ingat! Satu derajat saja mampu membuat perbedaan besar.

Gerakan Level Menengah Atas “Diterapkan oleh seorang ahli”

Pada level ini mungkin hanya sebahagian kita yang mampu melakukannya. Namun, tidak ada pekerjaan sulit yang tidak dapat dikerjakan. Belajar mengetahui langkahnya lebih baik daripada tidak mengetahuinya sama sekali. Berikut ini yang perlu kita lakukan.

Membuat sumur resapan. Bila kita ingin menjaga kondisi kebersihan air di dalam tanah, maka hal ini sangat penting dilakukan. Selain itu, hal ini sangat mempengaruhi kesuburan tanah di sekitar rumah. Dengan adanya sumur resapan, bahkan kita tidak perlu repot-repot memanggil jasa layanan penyedot limbah rumah.

Sepertinya memang kelihatan menyita loyalitas ketika meluangkan waktu untuk menanam pohon. Namun, saat kita sadar bahwa bumi sudah semakin lemah, siklus air bumi kian berubah. Maka, pepohonan adalah satu-satunya makhluk yang tetap menjalin pola hubungan ekosistem yang ramah dan juga memperkecil skala setiap bencana.


Selain mengikuti gerakan pematah stigma “Masa bodoh”, saya harap kita semua tidak bosan mengubah persepsi lama, menjadi warisan yang dicontohkan bagi anak-anak penerus bangsa -Agent of Change- yang selanjutnya menjaga bumi ini.

Postingan ini dalam rangka lomba blog : Green Living n Youth Activity

40 komentar:

  1. Wow.. (h)

    Pemaparannya mengenai save earth benar-benar keren mas doni. Keep Istiqamah and going a head 8-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Aslan. Sepertinya masih terlalu deskriptif

      Hapus
  2. (h) sukses Mas Doni... artikel yg sangat inspiratif... semoga bermanfaat untuk semua.. selamatkan bumi dari alien!!!!
    (p) (k)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha.. Terima kasih Uri (Ustadz Riri). Go Ahead :-s

      Hapus
  3. Photos By : Fakhrizan Bin Mahyedin. Thanks Brother

    BalasHapus
  4. waah! teruslah bergerak Om Doni.. :-b
    semoga cepat dapat jodoh, pohon-pohon di rimba sedang menunggu kepala keluarga yang baru.. b-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jodoh apa?? aduh.. mungkin Teman kita yang di atas ingin menjadi kepala keluarga.. sebab emoticonnya seperti itu.. Yang penting mari sama-sama mendo'akan umur panjang antar sesama penghuni Bumi dalam keharmonisan.

      Hapus
    2. :>) jodoh untuk sesama penghuni bumi! uri sebagai penghulu dan anda sebagai mapelai pria.. (o)


      #waspadaiagenalien 8-) :-t

      Hapus
  5. Mantap,..
    :) ayoo kita jaga bumi kita,.

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. Go go go power earth..!! :-b

      Hapus
    2. =p~ =)) kalau saya PowerEarth. Nazri adalah SuperEarth. Dan Dara adalah WonderEarth.. (h) :-)

      Hapus
    3. team kita adalah Trio Avenger Earth :d 8-) :)

      Hapus
    4. Terbentuk di Aceh. Kita adalah Tiga Hero sebagai poros pembela kehidupan bumi.. :-t

      Hapus
    5. selain itu, ada satu hero lagi yang berasal dari langit.. yaitu powerskyformer, manusianya berwujud Aslan,. :-b

      Hapus
    6. Hiattttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt :-t

      Hapus
  7. Great (h). Tetap menulis dan menginspirasi :)

    BalasHapus
  8. wah, saya suka bgt kl tulisan ttng go green :>)
    keep inspiring bg dony.. let's Save Energy, Save Earth :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cayyooo isra... Lepaskan energi negatif dan jaga pikiran positif.. Thanks Isra

      Hapus
  9. Wuiiihhh keren kali dek Doni. Paragraf pembukanya suka liiii bacanya
    "Tumbuh-tumbuhan berkata. “Kala moral seorang manusia lebih rendah dibandingkan hewan. Maka, merekalah penghancur kehidupan bumi kita sebenarnya.”

    (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h)

    BalasHapus
    Balasan
    1. :-s :-s :-s :-s :-s *sakit mata*

      Hapus
    2. huahahaha,, meriah lii bang,,, [-( [-( [-( [-( [-(

      Hapus
  10. Saya terharu melihat komentar bg ferhat ;-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu komentar atau spam ya lan? abang jadi ikutan terharu ;-(

      Hapus
  11. mari kita menangis bersama
    ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;((

    BalasHapus
    Balasan
    1. tak kuasa menatap bang ferhat... ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-( ;-(

      Hapus
  12. ya Allah, ada mala petaka apa ini? [-(
    :-? :-? :-?

    BalasHapus
    Balasan
    1. isra duduk manis aja baca ceritanya.. $-)

      Hapus
  13. Loh, ini blognya Doni?? bukan aslan?
    Kok rasanya yg bikin kk kesini itu aslan ya? apa dia promosiin blog nya doni? atau memang doni yg posting di forum? :-D

    BalasHapus
  14. Begitulah hero hero penyelamat bumi kak =p~

    BalasHapus
  15. Wahahaaha,.. lucu kali. Jadi pengen nangis. #LOH
    Wonder earth,. Ckckckckck.. julukannya bagus sekali. Terimakasih. Mari sama-sama jaga bumi kita. Bawak bool minum sendiri kemana-mana-#saya banget :D

    BalasHapus
  16. wah bagus kak, (h) saya juga kemarin ikut lomba blog dari kompaskampus juga, salam kenal kak, kalo berkenan follow blog aku juga ya kak, :))

    BalasHapus
  17. heheh.. doain saya supaya menang ya.. semoga saja.. kemarin menang ya mah?? ok saya kunjung balik.. (f)

    BalasHapus
  18. wah, selamat ya sudah jadi juara III (h)

    BalasHapus
  19. HOREEEEEEEEEE!!!!!!!! SELAMAT! SELAMAT!
    (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h) (h)
    =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =))

    BalasHapus
  20. Saya suka mendaki gunung, setiap pendakian selalu menemukan sampah dan batu cadas yg telah dilumuri dengan cat-cat para pendaki.. Tapi, 1 yg sangat membanggakan, gunung seulawah yg kita cintai ternyata bebas dari sampah, bebas dari perilaku kotor manusia, ini yg saya lihat saat terakhir kali mendakinya... Terimakasih kepada Mapala dan pencinta alam Aceh lainnya yang sangat peduli terhadap kelestarian alam kita..

    BalasHapus

 
Toggle Footer